1.
Map/Folder
Stopmap juga biasa
disebut dengan sebutan Map saja atau folder dalam bahasa inggris. Stopmap
adalah kertas tempat menyimpan atau menaruh suatu dokumen yang sudah di
spesifikasikan. Sehingga saat dokumen itu diperlukan, file yang terdiri dari beberapa kertas
kecil atau pun besar tidak hilang tercecer. Dan stopmap adalag alat yang sangat
membantu mengorganisir kertas dokumen.
Stopmap dapat
dibuat dari plastik atau kertas. Bila menggunakan kertas biasa menggunakan
bahan kertas manila atau kertas BC, kertas ivory, kertas buffalo dan jenis
kertas lainnya. namun yang pelu diperhatikan adalah berbahan kertas yang lebih
kaku. Sebuah desain stopmap tidak ada ciri atau kesan yang
baku. Semuanya tergantung pada perusaahan dan masalah selera saja. Biasanya
Stopmap dapat dicetak dengan teknik fullcolor maupun teknik cetak satu warna dan kombinasihotprint dan emboss.
Stopmap biasanya diberi label berdasarkan isi yang ada
di dalamnya. Stopmap dapat diberi label langsung pada tempat penulisan judul
stopmap dengan pena atau pensil. Ada juga menggunakan stiker label yang
dapat direkatkan. Materi bisnis Anda akan terlihat jauh lebih baik dan dapat
diandalkan jika terorganisir, dan stopmap adalah alat yang sangat baik
untuk mengumpulkan data dalam satu stopmap.
Map yang tidak dilengkapi dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan
kertas tebal/plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya, maka map ini
fungsinya untuk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak
arsip secara vertikal.
2. Folder
Biasa
Yaitu map yang terdapat daun penutup pada setiap sisinya.
Daun penutup ini berfungsi untuk menopang surat yang ada di dalamnya agar tidak
jatuh. Pada umumnya, stopmap folio digunakan untuk menyimpan arsip yang sudah
inaktif, di mana map yang berisi kumpulan arsip ini akan dibendel atau diikat
dengan menggunakan tali.
3.
Numerator
Numerator adalah
alat untuk membubuhkan nomor pada lembaran dokumen. Menurut bentuk dan
ukurannya, numerator dibedakan menjadi sebagai berikut.
a. Numerator kecil,
yaitu numerator yang
ukuran angkanya kecil dan terdiri dari 4-6 digit.
b. Numerator besar,
yaitu numerator yang
ukuran angkanya lebih besar dan terdiri lebih dari 6 digit.
Numerator digerakkan
dengan tangan. Cara kerja dan komponennya mekanis. Terdapat pengatur angka
rangkap, dan membuat angka secara otomatis dengan cara menekannya. Jika tidak
digunakan, numerator harus
disimpan di tempat tertutup dan kering.
Adapun
cara kerja numerator adalah
sebagai berikut: a) Beri tinta pada bantalan huruf, b) Atur
nomor awal, c) Cetak nomor dengan cara menekan tangkai numerator
4. Lembar
Disposisi
Lembar disposisi adalah
alat komunikasi tertulis yang ditujukan kepada bawahan yang berisi informasi
atau perintah.
susunan lembar disposisi
>>> kepala lembar disposisi terdiri atas :
1) kop naskah dinas;
2) tulisan “lembar disposisi” dengan huruf kapital dan diletakkan ditengah ;
3) alamat / asal surat;
4) nomor dan tanggal surat;
5) sifat, lampiran dan hal;
6) tanggal penerimaan surat;
7) nomor agenda / registrasi surat masuk.
>>> isi lembar disposisi yang terdiri dari :
1) kolom dan tulisan tujuan disposisi surat
2) kolom dan perintah tindak lanjut surat
3) kolom catatan
>>> bagian disposisi terdiri atas :
1) nama jabatan pemberi disposisi;
2) paraf dan tanggal pemberi disposis;
3) nama jelas pemberi disposisi;
pemberian paraf
lembar disposisi diparaf oleh :
1. bupati;
2. sekretaris daerah;
3. kepala satuan kerja perangkat daerah.
hal yang perlu diperhatikan
untuk lembar disposisi dibuat diatas kertas ukuran ½ folio
susunan lembar disposisi
>>> kepala lembar disposisi terdiri atas :
1) kop naskah dinas;
2) tulisan “lembar disposisi” dengan huruf kapital dan diletakkan ditengah ;
3) alamat / asal surat;
4) nomor dan tanggal surat;
5) sifat, lampiran dan hal;
6) tanggal penerimaan surat;
7) nomor agenda / registrasi surat masuk.
>>> isi lembar disposisi yang terdiri dari :
1) kolom dan tulisan tujuan disposisi surat
2) kolom dan perintah tindak lanjut surat
3) kolom catatan
>>> bagian disposisi terdiri atas :
1) nama jabatan pemberi disposisi;
2) paraf dan tanggal pemberi disposis;
3) nama jelas pemberi disposisi;
pemberian paraf
lembar disposisi diparaf oleh :
1. bupati;
2. sekretaris daerah;
3. kepala satuan kerja perangkat daerah.
hal yang perlu diperhatikan
untuk lembar disposisi dibuat diatas kertas ukuran ½ folio
Contoh Gambar Lembar Disposisi :
5. Kotak/Box
Kotak/box
adalah kotak yang digunakan untuk menyimpan arsip yang bersifat inaktif.
Biasanya terbuat dari karton tebal. Arsip yang disimpan di dalam kotak terlebih
dahulu disimpan ke dalam folder. Selanjutnya kotak ini akan ditempatkan pada
rak arsip (lateral berderet ke samping).
1. Tata
Ruang Kantor Terbuka (Open Plan Office)
Yang
dimaksud dengan Tata Ruang Kantor Terbuka adalah ruangan besar untuk
bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama
diruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat.
Keuntungan
tata ruang kantor terbuka
1. Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya, udara,
pengaturan warna dan dekorasi
2. Luwes atau fleksibel apabila
diperlukan perubahanruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi
3. Mudah untuk mengadakan hubungan
langsung, pengawasan, penyeragaman kerja dan pembagian peralatan kerja.
4. Biaya lebih hemat atau murah untuk pemeliharaan : ruangan
kerja, penggunaan kelengkapan ruangan dan peralatan, penggunaan telepon dan
lain-lainnya.
Kerugian
tata ruang kantor terbuka
1. Kemungkinan timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan
2. Pegawai sulit untuk melakukan
pekerjaandengan penuh konsentrasi
3. Batas kedudukan antara pimpinan
dan bawahan tidak nampak jelas
4. Pekerjaan yang bersifat rahasia
sulit dilakukan
5. Kemungkinan nampak adanya
tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja lainnya, sehingga
mengakibatkan pemandangan yang kurang baik.
2. Tata
Ruang Kantor Tertutup (Closed Plan Office)
Yang dimaksud dengan Tata Ruang Kantor Berkamar/tertutup adalah ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi
dalam kamar-kamar kerja atau ruangan yang dipisahkan oleh tembok atau
penyekat yang terbuat dari kayu.
Keuntungan tata ruang
kantor berkamar adalah :
1) Konsentrasi
kerja lebih terjamin
2) Pekerjaan
yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau terlindungi baik dari
segi pembicaraan,
dokumen-dokumn, atau asset perusahaan yang berharga..
3) Untuk
menambah kewibawaan, status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya
kewibawaan pejabat/pimpinan.
4) Untuk
menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan
merasa ikut memiliki.
5) Dapat
lebih menghargai tamu.
Kerugian tata ruang kantor
berkamar adalah :
1) Komunikasi
langsung antar pegawai tidak dapat lancar, sehingga kesempatan untuk mengadakan
komunikasi menjadi berkurang.
2) Diperlukan
biaya yang lebih besar untuk biaya pemeliharaan ruangan, pengaturan penerangan
dan biaya peralatan lainnya.
3) Pemakaian
ruangan kurang luwes apabila ada perubahan dan perkembangan organisasi.
4) Mempersulit
pengawasan.
5) Memerlukan
ruangan yang luas.
3. Tata
Ruang Kantor Berpanorama ( Landscape Office)
Yang dimaksud dengan Tata Kantor Berpanorama adalah ruangan
untuk bekerja yang dihiasi oleh taman,dekorasi dan lainnya. Bentuk ruangan
kantor berhias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak
seperti pemandangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang
nyaman, menyenangkan dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.
Keuntungan tata ruang kantor berhias
atauberpanorama :
1.
Para pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja
2.
Ketegangan syaraf dapat berkurang ataudihindarkan
3.
Kebisingan dan kegaduhan dapat berkurangatau dihindarkan
4.
Produktivitas kerja dapat meningkat, pekerjaan dilaksanakan dengan efesien
sehingga tujuan organisasi dapat mudah dicapai
Kerugian tata ruang kantor berhias atau
bertaman/berpanorama :
1.
Biaya cukup tinggi untuk mengadakan tamandan dekorasi lainnya.
2.
Biaya pemeliharaan tinggi
3.
Memerlukan tenaga ahli yang tidak mudah dantidak murah
4.Tata
ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar,
tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor berhias. Tata ruang
gabunagn ini perlu dipertimbangkan karena ketiga bentuk tata ruang mempunyai
keuntungan dan kerugian yang ada, dapat diciptakan tata ruang
kantor gabungan.
4. Tata
Ruang Kantor Semi Tertutup
Ruang kantor semi tertutup adalah ruang yang disekat hanya
setinggi 1,5 meter.
Keuntungan ruang kantor semi
tertutup adalah untuk menjaga privasi kerja
Kerugian ruang kantor semi tertutup
adalah perubahan tempat lebih sulit dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar